%L UNY18022 %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa setelah penerapan metode Example Non Examples pada pembelajaran IPS di kelas VIII C SMP Negeri 3 Depok. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Depok tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam bentuk siklus yang terdiri dari empat komponen: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata prosentase indikator motivasi siswa mencapai 75%. Teknik pemeriksaan keabsahan data adalah menggunakan teknik Triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Penerapan metode Example Non Examples dapat meningkatkan motivasi siswa kelas VIII C dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan prosentase motivasi siswa yang dimulai dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I masih ada satu indikator motivasi yaitu tekun yang persentase kurang dari kriteria keberhasilan sebesar 68,38%. Pada siklus II meningkat sebesar 24,68% menjadi 93,06%. Kemudian data yang diperoleh dari angket pada siklus I menunjukan masih terdapat indikator motivasi tekun yang belum sesuai kriteria keberhasilan sebesar 74,71%. Pada siklus II meningkat sebesar 9,41% menjadi 84,12%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II tersebut sudah mencapai kriteria keberhasilan 75% dari semua indikator motivasi yang ditentukan, sehingga penelitian dikatakan berhasil. Kata Kunci: Example Non Examples, Motivasi Siswa, Pembelajaran IPS %A Rifki Irfan Fajrianto %D 2014 %I Fakultas Ilmu Sosial %T IMPLEMENTASI METODE EXAMPLE NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII C SMP N 3 DEPOK