@phdthesis{UNY18022, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, year = {2014}, author = {Rifki Irfan Fajrianto}, title = {IMPLEMENTASI METODE EXAMPLE NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII C SMP N 3 DEPOK}, url = {http://eprints.uny.ac.id/18022/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa setelah penerapan metode Example Non Examples pada pembelajaran IPS di kelas VIII C SMP Negeri 3 Depok. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Depok tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 36 siswa. Penelitian dilakukan dalam bentuk siklus yang terdiri dari empat komponen: perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata prosentase indikator motivasi siswa mencapai 75\%. Teknik pemeriksaan keabsahan data adalah menggunakan teknik Triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Penerapan metode Example Non Examples dapat meningkatkan motivasi siswa kelas VIII C dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan prosentase motivasi siswa yang dimulai dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I masih ada satu indikator motivasi yaitu tekun yang persentase kurang dari kriteria keberhasilan sebesar 68,38\%. Pada siklus II meningkat sebesar 24,68\% menjadi 93,06\%. Kemudian data yang diperoleh dari angket pada siklus I menunjukan masih terdapat indikator motivasi tekun yang belum sesuai kriteria keberhasilan sebesar 74,71\%. Pada siklus II meningkat sebesar 9,41\% menjadi 84,12\%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II tersebut sudah mencapai kriteria keberhasilan 75\% dari semua indikator motivasi yang ditentukan, sehingga penelitian dikatakan berhasil. Kata Kunci: Example Non Examples, Motivasi Siswa, Pembelajaran IPS} }