%A Yunita Kiki Amelia %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengintegrasian nilai moral pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, (2) faktor pendukung dan penghambat pengintegrasian nilai-nilai moral pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 7 Magelang pada bulan Desember 2014-Februari 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu dua orang guru PKn dan enam orang siswa. Teknik analisis mengacu pada analisa interaktif model Miles dan Hubberman, meliputi reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengintegrasian dilaksanakan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan silabus dan RPP dengan mengintegrasikan nilai-nilai moral, diantaranya kejujuran, kedisiplinan dan tanggung jawab. Pelaksanaannya menggunakan metode ceramah bervariasi, tanya jawab dan penugasan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa telah dapat menyerap nilai kejujuran, kedisiplinan dan tanggung jawab dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai akhir kepribadian di atas 3,0. (2) Faktor pendukung: motivasi dan kesiapan siswa dalam menerima pembelajaran, tersedianya media pembelajaran, tata tertib sekolah dan lingkungan belajar yang kondusif, komunikasi yang baik antara guru dengan siswa, dan penguasaan bahan ajar oleh guru. Faktor penghambat: kejenuhan siswa, siswa tidak menyenangi pelajaran, dan kesulitan guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat. Kata kunci: pengintegrasian, nilai moral, pembelajaran %T PROSES PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI MORAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 7 MAGELANG %D 2015 %L UNY17887 %I Fakultas Ilmu Sosial