TY - THES A1 - Triyani, . PB - Fakultas Ilmu Sosial Y1 - 2015/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan RPP berbasis discovery learning pada kompetensi dasar ?Memahami Hak Asasi Manusia Dalam UUD NRI Tahun 1945? yang memehuhi aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian yang dikembangkan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) model 4-D. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, and Disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap ketiga yaitu Develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan dan lembar tes. Data hasil penelitian ada dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Produk RPP berbasis discovery learning ditinjau oleh dosen ahli dan guru PPKn. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif yaitu berupa uraian saran dan skor penilaian dari semua expert judgement pada tiap aspek penilaian kualitas RPP yakni kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa penilaian RPP oleh dosen ahli mendapatkan skor 144 dengan rata-rata 4,8 atau dalam kategori ?sangat valid? sedangkan penilaian RPP oleh guru PPKn mendapatkan skor 122 dengan rata-rata 4,07 atau dalam kategori ?valid?. Penilaian kepraktisan RPP berada pada kategori ?praktis? dengan skor rata-rata 4. Di samping itu, RPP yang dikembangkan berada pada kategori ?efektif?, dimana hasil tes menunjukkan bahwa dari 24 peserta didik yang mendapatkan nilai lebih dari 80 terdiri dari 19 peserta didik atau 79,16%. Karakteristik RPP hasil pengembangan adalah penggunaan pendekatan saintific dengan model pembelajaran discovery learning. Kata kunci: Pengembangan, RPP, discovery learning, Hak Asasi Manusia UR - http://eprints.uny.ac.id/17880/ M1 - skripsi ID - UNY17880 TI - PENGEMBANGAN RPP BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI HAK ASASI MANUSIA DALAM UUD NRI TAHUN 1945 SMP N 4 PATUK AV - public ER -