%0 Thesis %9 S1 %A Purwaningrum Agita Diah, Diah %A Dr. Suranto A.W, M.Pd., M.Si, %B Pendidikan Administrasi Perkantoran %D 2014 %F UNY:17796 %I Fakultas Ekonomi %T TUGAS SEKRETARIS DALAM PENGELOLAN ARSIP %U http://eprints.uny.ac.id/17796/ %X tugas sekretaris dalam pengelolaan arsip, (2) Seperti apa ciri-ciri dan perencanaan sistem kearsipan yang baik, (3) Sistem manakah yang efektif guna penyimpanan, perlindungan, pemeliharaan dan pengamanan terhadap arsip sehingga tidak mudah rusak dan hilang, (4) Persiapan apa saja yang harus dilakukan sekretaris dalam penyimpanan arsip, (5) Faktor-faktor apa saja penyebab kerusakan arsip, (6) Bagaimana syarat-syarat seorang sekretaris yang layak menjadi pengelola arsip.Pembahasan permasalah pada Tugas Akhir ini dilakukan metode pendekatan deduktif, yaitu dengan cara mengkaji teori dan literature yang berkaitan dengan permasalahan yang digambarkan secara umum, kemudian ditarik kesimpulan secara khusus.Hasil pembahasan menjelaskan bahwa: (1) Cakupan tugas sekretaris dalam pengelolaan arsip adalah menyimpan dan memelihara arsip, menggandakan arsip serta menyusun arsip. (2) Sistem yang efektif bagi seorang sekretaris dalam mengelola arsip adalah sistem elektronik, karena banyak manfaatnya untuk organisasi misalnya pencarian arsip dapat lebih cepat ditemukan. (3) Tahapan yang harus dilakukan dalam menyimpan arsip yaitu memisah-misahkan, meneliti arsip yang akan disimpan, mengklasifikasi, mengindeks, menyiapkan lembar tunjuk silang, menyusun arsip yang akan disimpan dan memasukkan/menyimpan arsip. (4) Faktor penyebab kerusakan arsip berasal dari faktor internal dan eksternal. (5) Syarat seorang sekretaris yang layak menjadi pengelola arsip ialah trampil, teliti, cerdas, cermat, rapi, tekun dalam melaksanakan tugas, mampu memegang/menyimpan rahasia, peramah, sopan santun dan memiliki skill/keahlian dalam bidang kearsipan. Kata Kunci : Sekretaris, Pengelolaan Arsip