%0 Thesis %9 S1 %A Budiyanto, A. %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:17778 %I PGSD %T HUBUNGAN PEMAHAMAN WAWASAN NUSANTARA DENGAN SIKAP BELA NEGARA PESERTA DIDIK KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/17778/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan seberapa signifikan serta seberapa besar hubungan antara pemahaman wawasan nusantara dengan sikap bela negara peserta didik kelas 4 sekolah dasar negeri di Kota Yogyakarta. Penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif dengan pendekatan kuantitatif serta studi hubungan. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV sebanyak 317 peserta didik yang tersebar di 13 sekolah dasar negeri yang ada di Kota Yogyakarta. Ketiga belas SD negeri tersebut yaitu SD N Lempuyangan 1, SD N Sayidan, SD N Lempuyangwangi, SD N Ungaran 1, SD N Tegalrejo, SD N Glagah, SD N Rejowinangun 1, SD N Sosrowijayan, SD N Serangan, SD N Klitren, SD N Bhayangkara, SD N Sagan dan SD N Tukangan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal pilihan ganda dan angket. Uji validitas menggunakan rumus corrected item-total correlation, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbach's Alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara pemahaman wawasan nusantara dengan sikap bela negara peserta didik kelas 4 sekolah dasar negeri di Kota Yogyakarta dengan signifikansi 0,000 < 0,05, dan nilai r sebesar 0,632 termasuk memiliki hubungan kuat (>0,6 – 0,799). Sedangkan sumbangan efektifnya sebesar 63,2% dan sisanya sebesar 36,8% ditentukan oleh faktor lain. Kata kunci: wawasan nusantara, sikap bela negara