TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif yang memenuhi kriteria untuk digunakan dalam pembelajaran aksara Jawa oleh siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini meliputi 9 tahap, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan permulaan, 5) revisi produk, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi, 8) uji coba lapangan operasional, dan 9) revisi produk akhir. Uji coba dilaksanakan setelah melalui uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba dilaksanakan di SD Negeri Sabdodadi Keyongan Bantul dengan melibatkan 29 siswa kelas V. Instrumen penilaian menggunakan jenis angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan pada tahap validasi oleh ahli materi memperoleh penilaian sebesar 4,33 dengan kategori sangat baik dan ahli media sebesar 4,24 dengan kategori sangat baik. Hasil yang diperoleh pada uji coba permulaan sebesar 4,37 dengan kategori sangat baik, uji coba lapangan utama sebesar 4,33 dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan operasional sebesar 4,51 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif aksara Jawa untuk siswa kelas V SD N Sabdodadi yang dihasilkan telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran membaca aksara Jawa. Kata kunci : pengembangan multimedia interaktif, pembelajaran aksara Jawa kelas V SD Y1 - 2015/04/29/ PB - PGSD A1 - Prihatin, Kasilah M1 - skripsi ID - UNY17776 TI - PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF AKSARA JAWA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SISWA KELAS V SD NEGERI SABDODADI KEYONGAN BANTUL AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/17776/ ER -