%0 Thesis %9 S1 %A Prihatin, . %A Aman, %B Pendidikan Sejarah %D 2015 %F UNY:17739 %I Fakultas Ilmu Sosial %T Implementasi Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X C SMA N 1 Gamping Sleman Yogyakarta %U http://eprints.uny.ac.id/17739/ %X Latar belakang penelitian ini adalah kurang optimalnya minat belajar siswa kelas X C SMA N 1 Gamping. Tujuan penelitian ini adalah (1) realitas pembelajaran di SMA N 1 Gamping, (2) bagaimana meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapa model pembelajaran Word Square di kelas X C SMA N 1 Gamping dan (3) Kelebihan dan kendala pembelajaran sejarah melalui model pembelajaran Word Square di kelas X C SMA N 1 Gamping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terjadi selama 2 siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses pengambilan data melalui wawancra, observasi dan angket. Validitas data menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran Sejarah di SMA N 1 Gamping selama ini dominan menggunakan metode pembelajaran ceramah tanpa adanya model pembelajaran yang menarik, sehingga pembelajaran menjadi membosankan yang menyebabkan tidak optimalnya minat belajar siswa (2) penerapan model pembelajaran Word Square dan diskusi dapat meningkatkan minat belajar siswa. Minat belajar sebelum tindakan 59,5%, pada siklus I minat belajar menjadi 79,59% atau meningkat 20,9%, pada siklus II minat belajar siswa menjadi 81,61 atau meningkat 2,02% dan (3) Kelebihan model pembelajaran Word Square adalah siswa senang mengikuti pembelajaran sejarah dan mempermudah siswa menguasai materi pembelajaran sejarah, sedangkan kendala penerapan model pembelajaran Word Square membutuhkan waktu yang lama untuk membuat lembar kerja Word Square dan membutuhkan kepandaian dalam mengkondisikan kelas. Kata Kunci: Minat Belajar, Word Square, dan Pembelajaran Sejarah.