@phdthesis{UNY17702, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, year = {2014}, month = {June}, title = {HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK MURID SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN}, author = {Marlian Palese}, keywords = {hubungan, kecerdasan emosi, hasil belajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/17702/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dengan hasil belajar seni musik kelas X dan XI pada SMA Negeri 1 Mertoyudan. Kecerdasan emosi menjadi tema dalam penelitian ini karena berkembang didalam penilaian hasil belajar seni musik. Perkembangan kurikulum menjadikan kecerdasan emosi dilakukan lebih sistematis. Maka perlu adanya penelitian untuk mengetahui apakah ada peranan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa pada kelas X dan XI SMA Negeri 1 Mertoyudan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Negeri 1 Mertoyudan yang berjumlah 656 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling dengan jumlah sampel 90 siswa yang diambil menurut karakteristik yang ditentukan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kecerdasan emosi, dimana responden hanya memilih satu diantara 4 jawaban tiap butir angket yang disusun berdasarkan pedoman Salovey sesuai dengan jawaban pribadi. Angket kecerdasan emosi terdiri dari 44 butir soal yang telah diuji validitas dan realibilitasnya menggunakan rumus Product Moment dan Alpha Cronbach. Serta dokumtesi untuk mengambil data hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment dengan dengan kecerdasan emosi sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Hasil penelitian yang diperoleh antara kecerdasan emosi dengan hasil belajar dengan nilai signifikansi pada linierity sebesar 0,152 karena sig {\ensuremath{>}} 0,05 disimpulkan bahwa variabel kecerdasan emosi dan variabel hasil belajar tidak linier dan signifikan. Nilai korelasi 0,158 dan diperoleh angka R2 (R Square) sebesar 0,025 atau 2,5\%. Hal ini menunjukan pengaruh kecerdasan emosi terhadap hasil belajar sebesar 2,5\% dan sisanya 97,5\% dipengaruhi oleh variabel lain. Hal ini menunjukan tidak terjadi hubungan antar kecerdasan emosi dengan hasil belajar pendidikan seni musik di SMA Negeri 1 Mertoyudan.} }