TY - THES PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam A1 - ADI, TRI Y1 - 2012/// N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran kimia berbasis website sebagai sumber pembelajaran mandiri untuk peserta didik SMP/MTs kelas VII semester 1 materi pokok pemisahan campuran dan untuk mengetahui kualitas media yang telah dikembangkan sesuai dengan aspek dan kriteria kualitas yang ditentukan berdasarkan penilaian oleh 3 orang pendidik IPA SMP/MTs dan 2 orang pendidik kimia SMA sebagai reviewer. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, dengan cara menggariskan langkahlangkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pengembangan dimulai dengan cara mengumpulkan referensi tentang pemisahan campuran dilanjutkan dengan penyusunan rancangan media pembelajaran kimia berbasis website dalam bentuk CD pembelajaran. Media pembelajaran kimia yang telah dibuat dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, ahli media dan peer reviewer. Masukan yang diberikan selanjutnya menjadi revisi media pembelajaran kimia. Langkah selanjutnya menilaikan media pembelajaran kimia kepada reviewer yaitu 3 orang pendidik IPA SMP/MTs dan 2 orang pendidik kimia SMA. Penelitian pengembangan ini telah berhasil mengembangkan media pembelajaran kimia berbasis website materi pokok pemisahan campuran yang telah diketahui kualitasnya. Berdasarkan penilaian 5 reviewer, media pembelajaran kimia berbasis website ini memiliki kualitas yang baik (B). Nilai yang diperoleh adalah 97,2 dengan persentase kualitas 81 %. Sehingga media pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai sumber pembelaran mandiri UR - http://eprints.uny.ac.id/17646/ TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS WEBSITE MATERI POKOK PEMISAHAN CAMPURAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 1 AV - public ID - UNY17646 M1 - skripsi ER -