@phdthesis{UNY17600, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, title = {Penerapan Metode Resitasi melalui LKS untuk meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII D SMPN 2 Kalasan}, author = {Lisa Erviana Sakti}, year = {2015}, url = {http://eprints.uny.ac.id/17600/}, abstract = {Latar belakang dilakukan penelitian ini karena rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas VIII D SMPN 2 Kalasan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk: mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII D SMPN 2 Kalasan dengan penerapan metode pembelajaran Resitasi melalui Lembar Kerja Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menerapkan model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMPN 2 Kalasan dengan subjek penelitian berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgement expert) dan uji reliabilitas menggunakan rumus split-half. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Peningkatan prestasi belajar IPS siswa dapat dilihat dari nilai tes siswa yang mencapai nilai KKM. Peningkatan yang terjadi yaitu: pada siklus I dengan nilai rata-rata pretest 71,25 dengan persentase ketuntasan sebesar 37,50\% dan nilai rata-rata posttest 77,18 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 62,50\%. Pada siklus II mengalami peningkatan prestasi dengan nilai rata-rata pretest 74,06 dengan persentase ketuntasan sebesar 50,00\% dan nilai rata-rata posttest 82,18 dengan persentase ketuntasan sebesar 87,50\%. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75\%. Kata Kunci: Metode Resitasi, Lembar Kerja Siswa, Prestasi Belajar IPS} }