%0 Thesis %9 S1 %A wulandari, latri nur %A Taat Wulandari, %B Pendidikan IPS %D 2015 %F UNY:17590 %I Fakultas Ilmu Sosial %T Strategi Pembelajaran IPS pada Sekolah Inklusi (Studi Kasus di SMP Budi Mulia Dua) %U http://eprints.uny.ac.id/17590/ %X SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan inklusi, sehingga perlu dikaji lebih mendalam mengenai strategi pembelajaran IPS di sekolah inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran IPS di sekolah inklusi SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2013-Agustus 2014. Subjek penelitian terdiri dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru IPS, dan beberapa siswa. Objek penelitian ini adalah Pembelajaran IPS di SMP Budi Mulia Dua. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Studi ini menjelaskan strategi pembelajaran IPS pada sekolah inklusi yang diterapkan di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta pada anak berkebutuhan khusus(ABK) saat ini adalah pembelajaran secara in class dan out class dengan memperhatikan kebutuhan dan karakteristik ABK. Strategi Pembelajaran IPS yang diterapkan adalah strategi pembelajaran kelompok dan individual. Pembelajaran diawali dengan perencanaan tujuan, materi, media, metode dan evaluasi yang akan digunakan. RPP yang digunakan dalam pembelajaran inklusi adalah RPP pada umumnya dan RPP individual untuk ABK. Metode dan media pembelajaran yang digunakan bervariasi. Evaluasi pembelajaran mengarah pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dengan menggunakan teknik evaluasi yang bervariasi, namun belum menggunakan instrumen sendiri dalam menilai ABK.