%0 Thesis %9 S1 %A Furi Listia Ayu Krista, Ayu %A Djihad Hisyam, M.Pd., %B Pendidikan Administrasi Perkantoran %D 2014 %F UNY:17501 %I Fakultas Ekonomi %T PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MATA KULIAH STENOGRAFI BAHASA INDONESIA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 %U http://eprints.uny.ac.id/17501/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah Stenografi Bahasa Indonesia Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 melalui pemanfaatan media audio visual.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan dalam bentuk partisipatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dengan persentase yang dilakukan dengan menghitung skor motivasi belajar mahasiswa, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Kriteria keberhasilan motivasi belajar mahasiswa dapat dikatakan berhasil jika 75% mahasiswa berpartisipasi secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa kelas A semester dua Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Tahun Ajaran 2013/2014 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan partisipasi belajar mahasiswa pada proses pembelajaran yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Partisipasi belajar mahasiswa berupa menunjukkan minat terhadap bermacam-macam masalah meningkat 20.25% dari siklus I ke siklus II. Partisipasi belajar berupa ulet dalam menghadapi kesulitan meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 14.75%. Partisipasi belajar berupa menjawab pertanyaan meningkat sebesar 14.75% dari siklus I ke siklus II. Partisipasi belajar mahasiswa berupa rasa senang dan puas dalam mengerjakan tugas yang diberikan meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 27.75%. Indikator partisipasi belajar berupa mengemukakan argumen meningkat sebesar 51.65% dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci: Pemanfaatan Media Audio Visual, Motivasi Belajar