TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/17472/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan komik Akuntansi sebagai media pembelajaran inovatif pada materi jenis dan bentuk badan usaha untuk siswa SMK kelas X. 2) Mengetahui kelayakan komik Akuntansi sebagai media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan ahli materi, ahli media dan uji coba pada siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dalam pembelajaran Akuntansi SMK. Tahapan penelitian dan pengembangan komik Akuntansi ini terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Define atau tahap pendefinisian 2) Design atau tahap perancangan 3) Develop atau tahap pengembangan dan 4) Disseminate atau tahap penyebaran. Validasi komik Akuntansi dilakukan oleh dosen ahli media, dan dosen serta guru akuntansi sebagai ahli materi. Media yang dikembangkan diujicobakan pada 36 siswa SMK kelas X. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Data yag didapat dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik Akuntansi sebagai media pembelajaran diperoleh penilaian kelayakan oleh ahli materi dengan rata-rata skor 4,30 termasuk dalam kategori sangat layak diajdikan sebagai media pembelajaran inovatif, penilaian kelayakan oleh ahli media dengan rata-rata skor 4,72 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan sebagai media pembelajran inovatif. Penilaian siswa terhadap media pembelajaran Akuntansi yang telah dikembangkan pada saat uji coba lapangan diperoleh rata-rata skor 4,47 termasuk dalam kategori sangat layak dijadikan media pembelajaran inovatif. Dengan demikian, komik Akuntansi yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif SMK. Kata kunci: penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, komik Akuntansi M1 - skripsi A1 - YUNIASTUTI, EKA TI - PENGEMBANGAN KOMIK AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF PADA MATERI JENIS DAN BENTUK BADAN USAHA UNTUK SISWA SMK KELAS X PB - Fakultas Ekonomi UNY AV - public ID - UNY17472 Y1 - 2015/04// ER -