%I Universitas Negeri Yogyakarta %D 2014 %T KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN HÖRVERSTEHEN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 WATES KULON PROGO %K media video, horverstehen, sma negeri 2 wates %A Jenita Angelina Riti %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar Hörverstehen peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo antara yang diajar dengan media video dan media konvensional (2) keefektifan penggunaan media video dalam pembelajaran Hörvesrstehen peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian eksperimen Pre-test dan Post-Test Control Group. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 128 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik random samplig. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji Validitas instrumen menggunakan analisis butir soal dengan rumus korelasi product moment. Hasil uji validitas instrumen menunjukan bahwa dari 30 soal terdapat 25 soal yang dinyatakan valid dan 5 soal gugur. Reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Nilai koofisien sebesar romawi 1 0, 886 dan romawi 2, 0,811. Data dihitung dengan menggunakan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan, t-hitung sebesar (5,606) lebih besar dari ttabel sebesar (2,000 dengan df=58 dan a=0,05). Hal ini menunjukan bahwa adanya perbedaan prestasi belajar Hörverstehen antara yang diajar dengan menggunakan media video dan media konvensional. Mean difference kelas eksperimen sebesar 80,40, lebih tinggi daripada Mean difference kelas kontrol sebesar 73,83. Hal ini berarti bahwa penggunaan media video lebih efektif daripada media konvensional dalam pembelajaran Hörverstehen dengan bobot keefektifan sebesar 9,5 %. %L UNY17414