%X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan CD Media Pembelajaran Kimia Polimer Berbasis Website Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa SMA/MA dan mengetahui kualitas Media Pembelajaran Kimia Polimer Berbasis Website berdasarkan penilaian lima Guru kimia SMA/MA di Yogyakarta. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing, ahli media, ahli materi, peer reviewer dan selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh reviewer (lima guru kimia SMA/MA di Yogyakarta) menggunakan instrumen penilaian. Instrumen tersebut berisi 5 aspek penilaian yaitu aspek kebenaran, keluasan, dan kedalaman konsep; aspek kebahasaan; aspek keterlaksanaan; aspek tampilan; aspek kemudahan penggunaan; yang terdiri atas 19 indikator penilaian. Hasil penilaian yang berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal. Masukan dari reviewer digunakan untuk merevisi produk yang sudah dinilai sehingga diperoleh produk akhir. Hasil penelitian pengembangan ini adalah CD Media Pembelajaran Kimia Polimer Berbasis Website Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa SMA/MA. Berdasarkan penilaian guru kimia SMA/MA, Media Pembelajaran Kimia Polimer Berbasis Website yang disusun ini memperoleh skor rata-rata 81,20 dari skor ideal sebesar 79,7. Media Pembelajaran Kimia Polimer Berbasis Website ini mempunyai kualitas sangat baik (SB), sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk peserta didik tingkat SMA/MA. %A Mimbar Aditian %L UNY17349 %D 2012 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA POLIMER BERBASIS WEBSITE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMA/MA