%0 Thesis %9 S1 %A Amandiri, Tangguh %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:17325 %I PGSD %T MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS V SDN BANYUMENENG GIRIHARJO PANGGANG GUNUNGKIDUL %U http://eprints.uny.ac.id/17325/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas V SDN Banyumeneng Giriharjo Panggang Gunungkidul. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian meliputi siswa kelas V SDN Banyumeneng, pada semester I tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 19 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan CTL. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi, deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian menulis karangan deskripsi. Pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas V SDN Banyumeneng. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN Banyumeneng dapat dilihat dari nilai menulis karangan deskripsi siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II yang meningkat. Nilai rata-rata tes menulis karangan deskripsi pada pra siklus sebesar 57,88 meningkat menjadi 69,35 pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,47. Pada siklus I nilai tes menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN Banyumeneng nampak suatu perbedaan dengan hasil pra siklus. Dari 17 siswa hanya 7 siswa saja (41,18%) yang mendapat nilai sesuai KKM pada pra siklus. Kemudian setelah tindakan siklus I meningkat menjadi 12 siswa (70,58%) yang mendapat nilai sesuai KKM. Setelah tindakan siklus II siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM mengalami peningkatan lagi menjadi 17 siswa (100%). Penggunaan metode CTL pada siklus II persentase keberhasilannya sudah mencapai >75% sehingga proses pembelajaran menggunakan metode CTL berhasil. Kata Kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi, pendekatan CTL