TY - THES PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam A1 - Rahmawati, Itsnaini Y1 - 2012/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan (1) motivasi belajar kimia peserta didik kelas reciprocal teaching, tutor sebaya, dan ekspositori, (2) prestasi belajar kimia peserta didik kelas reciprocal teaching dengan kelas ekspositori, apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan, (3) prestasi belajar kimia peserta didik kelas tutor sebaya dengan kelas ekspositori, apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan, dan (4) prestasi belajar kimia peserta didik kelas reciprocal teaching dengan kelas tutor sebaya, apabila pengetahuan awal kimia dikendalikan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain tiga faktor, tiga sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI semester 2 MAN 2 Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012 berjumlah 169 peserta didik terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian berjumlah 101 peserta didik terbagi dalam 3 kelas yang diambil secara purposive sampling. Data penelitian dianalisis secara statistik menggunakan analisis varians dan analisis kovarians yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada perbedaan motivasi belajar kimia yang signifikan antara peserta didik kelas reciprocal teaching, tutor sebaya, dan ekspositori, (2) prestasi belajar kimia peserta didik kelas ekspositori lebih tinggi dibandingkan kelas reciprocal teaching dan berbeda secara signifikan, (3) prestasi belajar kimia peserta didik kelas tutor sebaya lebih tinggi dibandingkan kelas ekspositori dan tidak berbeda secara signifikan, (4) prestasi belajar kimia kelas tutor sebaya lebih tinggi dibandingkan kelas reciprocal teaching dan berbeda secara signifikan. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik apabila dibandingkan dengan metode reciprocal teaching dan ekspositori, pada materi pokok Larutan Penyangga. Kata kunci: reciprocal teaching, tutor sebaya, ekspositori, motivasi belajar, prestasi belajar UR - http://eprints.uny.ac.id/17316/ M1 - skripsi ID - UNY17316 AV - public TI - PERBEDAAN PENERAPAN METODE RECIPROCAL TEACHING, TUTOR SEBAYA, DAN EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 MAN 2 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012 ER -