%L UNY17310 %X Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak berbasis kecerdasan majemuk, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Tujuan yang ke dua adalah untuk mengetahui sumbangan efektif masing-masing kecerdasan terhadap prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor (pembelajaran kimia), dua sampel (kelas eksperimen dan kelas kontrol), dua variabel (kecerdasan majemuk dan prestasi belajar kimia), dan satu kovariabel (pengetahuan awal kimia siswa). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Sleman dan dibagi dalam 6 kelas yang berjumlah 192. Sampel penelitian ini sebanyak 63 peserta didik yang dibagi dalam 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (X2) dan kelas kontrol (X1) yang diambil secara purposive sampling. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia, data kecerdasan majemuk peserta didik, dan data prestasi belajar kimia peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis dengan analisis kovarian (anakova) dan analisis regresi (anareg). Hasil analisis kovarian menunjukkan Fh = 6,179 dan p = 0,016, karena p hitung kurang dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dengan peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Sumbangan efektif untuk kecerdasan linguistik sebesar 4,14%; kecerdasan matematis-logis sebesar 0,50%; kecerdasan visual sebesar 0,79%; kecerdasan kinestetik-badani sebesar 3,45%; kecerdasan musikal sebesar 1,51%; kecerdasan interpersonal sebesar 1,82%; kecerdasan intrapersonal sebesar 10,38%; dan kecerdasan naturalis sebesar 0,01%. %A Desy Arny Setyowati %T EFEKTIVITAS KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %D 2011