eprintid: 17290 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1197 dir: disk0/00/01/72/90 datestamp: 2015-04-22 02:09:05 lastmod: 2023-09-20 01:04:40 status_changed: 2015-04-22 02:09:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Putra, Dodi Pradana title: PENERAPAN QUANTUM TEACHING DALAM UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS X JURUSAN DESAIN DAN PRODUKSI KRIYA LOGAM DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: art_rupa divisions: fbs_kriya divisions: fbs_pend_seni_kerajinan full_text_status: public keywords: quantum teaching, peningkatan kreativitas, siswa SMK Negeri 5 Yogyakarta abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pengelolaan pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran quantum teaching, 2) Hasil penerapan metode tersebut terhadap peningkatan kreativitas siswa kelas X B Jurusan Desain dan Produksi Kriya Logam di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus penelitian, setiap siklus dilakukan dalam tiga kali pertemuan pembelajaran yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket/kuesioner. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan sebagai berikut. 1) Pengelolaan metode quantum teaching pada proses pembelajaran Produktif Dasar-dasar Kriya materi Ornamen di kelas X B Jurusan Desain dan Produksi Kriya Logam di SMK Negeri 5 Yogyakarta mencakup perencanaan dan tindakan. Pada perencanaan dilakukan penyusunan perangkat pembelajaran berupa RPP, materi pelajaran ornamen yang mengacu pada silabus dan kurikulum sekolah, mempersiapkan contoh karya, video, dan proyektor sebagai media dan alat pembelajaran, menyusun lembar tugas, dan tes akhir siswa sebagai alat evaluasi. Selanjutnya mempersiapkan alat perekam data penelitian berupa lembar observasi pembelajaran. Pada pelaksanaan tindakan, setiap pertemuan meliputi tahap-tahap pembelajaran yakni tahap menanamkan serta menumbuhkan siswa diberikan motivasi dan semangat belajar, tahap mengalami serta menamai siswa diberikan pengalaman dengan kegiatan eksplorasi pembelajaran, tahap mendemonstrasikan siswa diberikan kesempatan menunjukan keterampilan menggambar ornamen, tahap mengulangi siswa diarahkan untuk berdiskusi, setelah itu tahap merayakan siswa bertepuk tangan memberi penghargaan atas ketercapaian pembelajaran. Setiap proses pembelajaran dilakukan observasi dan diakhiri dengan refleksi. 2) Hasil penerapan metode pembelajaran quantum teaching ini mencakup dua aspek yakni hasil proses dan hasil karya siswa. Dilihat dari proses pembelajaran terlaksana cukup baik atau berhasil meningkatkan kreativitas siswa dengan indikator ≥ 75% siswa melaksanakan dan berperan aktif dalam seluruh kegiatan ekplorasi pembelajaran. Dilihat dari hasil karya, berhasil meningkatkan kualitas karya gambar ornamen siswa dengan indikator ≥ 75% siswa mendapat nilai rata-rata tes akhir menggambar 82. date: 2014-11-28 date_type: published institution: Universitas Negeri Yogyakarta department: Pendidikan Seni Kerajinan thesis_type: skripsi citation: Putra, Dodi Pradana (2014) PENERAPAN QUANTUM TEACHING DALAM UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA KELAS X JURUSAN DESAIN DAN PRODUKSI KRIYA LOGAM DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/17290/1/Dodi%20Pradana%20Putra%2010207249001.pdf