%0 Thesis %9 S2 %A Kariadi, Dodik %B Program Pascasarjana %D 2015 %F UNY:17288 %I UNY %K Hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan %T Pengaruh Minat Baca, Waktu Belajar, Sarana Prasarana Dan Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kota Mataram NTB %U http://eprints.uny.ac.id/17288/ %X Penelitian ini bertujuan menganalisis hal-hal yang mempengaruhi hasil belajar PKn siswa SMP di Kota Mataram baik secara parsial maupun secara simultan. Dalam penelitian ini ditetapkan empat hal yang diduga berpengaruh terhadap hasil belajar PKn adalah minat baca, waktu belajar, sarana prasarana dan kemampuan mengajar guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi penelitian ini sebesar 1260 siswa dan sampelnya sebesar 275 siswa kelas VII SMP di Kota Mataram. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yang membagi populasi kedalam kelompok-kelompok yang homogen. Kemudian dari tiap klaster diambil sampel dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas hasil uji coba instrument dilakukan dengan analisis faktor. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS versi 16.00 for windows. Hasil analisis deskriptif menggambarkan bahwa data hasil belajar PKn siswa terbesar ada pada kategori baik (54%), data minat baca terbesar ada pada kategori baik (55%), data waktu belajar terbesar ada pada kategori baik (63%), data waktu belajar terbesar ada pada kategori cukup baik (42%), data sarana prasarana terbesar ada pada kategori baik (53%) dan data kemampuan mengajar guru terbesar ada pada kategori baik (67%). Hasil analisis regresi linear minat baca menunjukkan bahwa nilai r = 0.857, p = 0.000 dengan sumbangan efektif sebesar 73.5%, waktu belajar pagi menunjukkan bahwa nilai r = 0.827, p = 0.000 dengan sumbangan efektif sebesar 68.5%, waktu belajar siang menunjukkan nilai r = 0,622, p = 0.000 dengan sumbangan efektif sebesar 44.5%, sarana prasarana menunjukkan nilai r = 0.866, p = 0.000 dengan sumbangan efektif sebesar 78.5% dan kemampuan mengajar guru menunjukkan nilai r = 0.845, p = 0.000 dengan sumbangan efektif sebesar 79.5%. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan nilai R sebesar 0.952; F sebesar 652.044; p sebesar 0.000 (p < 0.05) yang berarti secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn dengan sumbangan efektif sebesar 90.60%.