TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/17254/ AV - public TI - PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2014/2015 ID - UNY17254 M1 - skripsi PB - Fakultas Ekonomi A1 - Elyn Donata, Elyn Y1 - 2015/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2014/2015, (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2014/2015, (3) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pleret sejumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket/kuisioner. Uji coba instrumen adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pleret dengan N= 25. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach?s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara: 1) Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rhitung = 0,831 > rtabel = 0,288; dan thitung = 15,176 > ttabel = 2,012. 2) Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rhitung = 0,856 >rtabel = 0,288; dan thitung= 16,744 > ttabel = 2,012. 3) Kebiasaan Belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rhitung = 0,894 > rtabel = 0,288; dan Fhitung = 194,309 > Ftabel = 3,200. Penelitian ini menunjukkan sumbangan relatif variabel Kebiasaan Belajar 44,64%; dan Perhatian Orang Tua 55,36%. Sumbangan efektif sebesar 89,4% di mana variable Kebiasaan Belajar 39,9%; dan variabel Perhatian Orang Tua 49,5%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan, keseluruhan hasil analisis mendukung hipotesis yang diajukan. Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi. ER -