%L UNY17195 %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Pendidikan Kimia yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sifat koligatif untuk SMA kelas XII IPA semester I dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan berdasarkan penilaian 5 orang guru kimia SMA. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP, LKS, dan media powerpoint. Produk awal produk pembelajaran kimia ditinjau oleh 3 orang peer reviewer, kemudian oleh seorang ahli materi dan seorang ahli media. Kualitas perangkat pembelajaran kimia ditentukan berdasarkan hasil penilaian 5 orang reviewer, yaitu 5 orang guru kimia SMA. Berdasarkan penelitian pengembangan ini dapat dihasilkan produk akhir perangkat pembelajaran sifat koligatif untuk SMA kelas XII IPA semester I. Berdasarkan penilaian 5 orang guru kimia, perangkat pembelajaran sifat koligatif yang terdiri dari RPP, LKS dan media powerpoint termasuk dalam kategori kualitas baik (B). Persentase keidealan tiap komponen berturut-turut adalah 74,667%; 81,667%; dan 77,846%. Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, sifat koligatif. %A Iin ndriana %T PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK PEMBELAJARAN SIFAT KOLIGATIF DI SMA KELAS XII IPA SEMESTER I %D 2012 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam