TY - THES ID - UNY17186 M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK PGRI 1 SENTOLO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014 AV - public UR - http://eprints.uny.ac.id/17186/ N2 - IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK PGRI 1 SENTOLO KULON PROGO TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh: PARIANI 10403244032 ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK PGRI 1 Sentolo Kulon Progo Tahun Ajaran 2013/2014 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowall Throwing. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan persentase kuantitatif yang dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK PGRI 1 Sentolo Kulon Progo tahun ajaran 2013/2014. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan pada aspek/indikator membaca materi pelajaran Akuntansi, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat, bertanya dengan guru tau teman sekelompok mengenai matei yang belum dipahami, mendengarkan penjelasan guru dengan seksama, mengerjakan kasus/tugas dari guru, mencatat materi pelajaran, berdiskusi dengan teman sekelompok, serta melaksanakan permainan dengan melempar pertanyaan dan menjawab. Pada kondisi awal sebelum dilaksanakan penelitian diperoleh skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 61.25%, pada siklus I diperoleh rata-rata skor Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 73,96% atau mengalami peningkatan sebesar 12.71% dari kondisi awal. Sedangkan pada siklus II diperoleh skor 82.71%, sehingga terjadi peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa sebesar 8.75%. Selain itu, jumlah siswa yang tergolong aktif selama proses pembelajaran pada kondisi awal sebanyak 9 siswa atau 60%, siklus I sebanyak 13 siswa atau 80.00% dan pada siklus II sebanyak 15 siswa telah aktif selama proses pembelajaran atau dengan kata lain 100% siswa aktif mengikuti pembelajaran pada siklus II, sehingga terjadi peningkatan jumlah peserta didik yang aktif sebanyak 20% dari kondisi awal sebelum penelitian ke siklus I dan juga sebesar 20% dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: Snowball Throwing, Aktivitas Belajar Akuntansi Kelas X Akuntansi 1. Y1 - 2014/// PB - Fakultas Ekonomi A1 - Pariani, Riani ER -