%A Windarsih Fifitria %D 2013 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pekerjaan rumah secara berkala terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Mlati . Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu (quasi experimental research)dengan pretest dan posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 38 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini dilakukan secara bertahap, yaitu pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan teknik analisis data menggunakan uji-t atau t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Mlati Tahun Ajaran 2012/2013 antara kelas yang diberikan pekerjaan rumah dengan kelas yang tidak diberikan pekerjaan rumah. Hal ini dibuktikan dari nilai t lebih besar daripada t tabel (t hitung: 11,358 > t tabel hitung : 2,000), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05). Kata kunci: Pekerjaan rumah, Prestasi belajar, pembelajaran PKn %T PENGARUH PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 MLATI TAHUN AJARAN 2012/2013 %I Fakultas Ilmu Sosial %L UNY17065