@phdthesis{UNY17047,
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2015},
          author = {Surahman Benny},
           title = {Pengaruh Cara Belajar, Kesulitan Belajar, dan Keaktifan SIswa dengan Prestasi Belajar Siswa Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan SMK N 2 Wonosari Yogyakarta},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/17047/},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara cara belajar, kesulitan belajar, dan keaktifan siswa secara sendiri-sendiri maupun terpisah-pisah dengan prestasi belajar siswa Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan SMK N 2 Wonosari, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto, populasi berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: a) dokumentasi dan b) kuesioner/angket. Teknik analisis data menggunakan: a) regresi sederhana dan b) regresi ganda dengan taraf signifikansi 5\%.
Hasil penelitian menemukan adanya pengaruh yang signifikan antara cara belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan r sebesar 0,545 dan nilai thitung sebesar 3,436 {\ensuremath{>}} ttabel sebesar 1,701. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kesulitan belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan r sebesar 0,509 dan nilai thitung sebesar 3,129 {\ensuremath{>}} ttabel sebesar 1,701. Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan siswa terhadap prestasi belajar dengan r sebesar 0,707 dan nilai thitung sebesar 5,288 {\ensuremath{>}} ttabel sebesar 1,701. Terdapan pengaruh positif dan signifikan terhadap cara belajar, kesulitan belajar, dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa program studi teknik komputer dan jaringan SMK N 2 Wonosari dengan koefisien R2 sebesar 0,532 artinya mempunyai pengaruh sebesar 53,2 \% dan sisanya (46,8 \%) ditentukan oleh variabel lain yang tidak dibahas di dalam penelitian ini.
Kata kunci: Cara belajar, kesulitan belajar, keaktifan siswa, prestasi belajar}
}