@phdthesis{UNY17028, year = {2014}, month = {October}, author = {Evi Purnaningrum}, title = {KEEFEKTIFAN STRATEGI SIKLUS MEMORI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAKEM}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, keywords = {keefektifan, strategi Siklus Memori, membaca pemahaman teks berita}, url = {http://eprints.uny.ac.id/17028/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks berita antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Siklus Memori dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Siklus Memori; (2) menguji keefektifan strategi Siklus Memori dalam pembelajaran membaca pemahaman teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling ditetapkan siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen, sementara kelas VIII D sebagai kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan membaca pemahaman teks berita. Validitas dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk dengan expert judgement. Validitas dan reliabilitas butir soal dihitung dengan bantuan komputer program Iteman. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5\%. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan homogenitas menggunakan bantuan komputer program SPSS 16. Pengujian menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil analisis uji-t skor posttest membaca pemahaman teks berita kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan nilai thitung sebesar 2,707, ttabel sebesar 2,0105 (2,707{\ensuremath{>}}2,0105, thitung {\ensuremath{>}} ttabel) dengan db 47 dan nilai p sebesar 0,009 (p {\ensuremath{<}} 0,05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman teks berita menggunakan strategi Siklus Memori dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa strategi Siklus Memori, (2) penghitungan uji-t nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan thitung sebesar 10,675, ttabel sebesar 2,07 (10,675{\ensuremath{>}}2,07, thitung{\ensuremath{>}}ttabel) dengan db 22 dan nilai p sebesar 0,000 (p {\ensuremath{<}} 0,05), serta terdapat kenaikan skor rerata antara kelompok eksperimen sebesar 5,04 yang lebih besar daripada kelompok kontrol, yaitu 2,11. Hal ini berarti bahwa strategi Siklus Memori efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pakem.} }