TY - THES PB - Fakultas Ekonomi UNY A1 - RIDHOWATI, BERLIANA Y1 - 2015/04// N2 - Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hambatan guru dalam melaksanakan pembelajaran akuntansi dengan indikator pendekatan kontekstual ditinjau dari aspek konstruktivisme, menemukan, bertanya, kerjasama, permodelan, refleksi, dan penilaian autentik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini 25 guru akuntansi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui guru mengalami hambatan ditinjau dari indikator pendekatan kontekstual. Dari aspek kontruktivisme dan menemukan sebanyak 4 (16%) guru merasa sangat tidak terhambat, 14 (56%) guru merasa tidak terhambat, dan 7 (28%) guru merasa terhambat. Dari aspek bertanya sebanyak 6 (24%) guru merasa sangat tidak terhambat, 13 (52%) guru merasa tidak terhambat, dan 6 (24%) guru merasa terhambat. Dari aspek kerjasama sebanyak 5 (20%) guru merasa sangat tidak terhambat, 14 (56%) guru merasa tidak terhambat, dan 6 (24%) guru merasa terhambat. Dari aspek permodelan sebanyak 5 (20%) guru merasa sangat tidak terhambat, 15 (60%) guru merasa tidak terhambat, dan 5 (20%) guru merasa terhambat. Dari aspek refleksi sebanyak 8 (32%) guru merasa sangat tidak terhambat, 13 (52%) guru merasa tidak terhambat, dan 4 (16%) guru merasa terhambat. Dari aspek penilaian autentik sebanyak 2 (8%) guru merasa sangat tidak terhambat, 17 (68%) merasa tidak terhambat, dan 6 (24%) guru merasa terhambat. Kata kunci: hambatan guru, pembelajaran akuntansi, pendekatan kontekstual. UR - http://eprints.uny.ac.id/17005/ AV - public TI - FAKTOR-FAKTOR YANG MENGHAMBAT GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SMK NEGERI BISNIS DAN MANAJEMEN DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015 M1 - skripsi ID - UNY17005 ER -