TY - THES PB - Fakultas Ekonomi M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/17000/ Y1 - 2013/// TI - PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA KARTU UTANG SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SEMESTER GENAP SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2012/2013 A1 - Putra Shandy Eksani, Shandy ID - UNY17000 AV - public N2 - PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA KARTU UTANG SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SEMESTER GENAP SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Shandy Eksani Putra 09403241002 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi Semester Genap SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2012/2013, 2) mengetahui Pengaruh Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi Semester Genap SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2012/2013, 3) mengetahui Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Minat Belajar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi Semester Genap SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2012/2013 sejumlah 106 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket/kuesioner. Metode tes untuk mengetahui Prestasi Belajar Akuntansi, metode angket untuk mengetahui variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Minat Belajar Akuntansi. Uji coba Instrumen dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tempel dengan N=30. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach?s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian: 1) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx1y = 0,364; r2x1y = 0,132; thitung = 3,985 dan taraf signifikansi 5%. 2) Minat Belajar Akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan rx2y = 0,434; r2x2y = 0,188; thitung = 4,914 dan taraf signifikansi 5%. 3) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Minat Belajar Akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2012/2013, dengan Ry(1,2) = 0,529; R2y(1,2) = 0,280; Fhitung = 19,98 dan taraf signifikansi 5%. Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru memberikan sumbangan relatif sebesar 41,38% dan Minat Belajar Akuntansi sebesar 58,62%. Sumbangan efektif variabel Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar 11,59% dan Minat Belajar Akuntansi sebesar 16,41%. Kata kunci: persepsi siswa tentang metode mengajar guru, minat belajar siswa, prestasi belajar akuntansi. ER -