%D 2013 %I Fakultas Ekonomi %T EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BOROBUDUR MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013 %A Vita Lestari Vita Ika %X EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH BOROBUDUR MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2012/2013 OLEH : VITA IKA LESTARI 09404241025 Pembimbing : Barkah Lestari, M. Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas metode TGT dalam meningkatkan motivasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah Borobudur Magelang; (2) efektivitas metode TGT dalam meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Muhammadiyah Borobudur Magelang; (3) perbedaan motivasi belajar ekonomi yang menggunakan metode TGT dengan yang menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Borobudur Magelang; (4) perbedaan prestasi belajar ekonomi yang menggunakan metode TGT dengan yang menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Borobudur Magelang. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian satu faktor dan dua sampel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester II SMA Muhammadiyah Borobudur Magelang Jawa Tengah. Sampel penelitian ini adalah kelas eksperimen (XB) dan kelas kontrol (XC). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian pada uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa to = -9,628 dan p = 0,000 (p<0,05) berarti ada perbedaan yang sangat signifikan antara motivasi belajar awal dan motivasi belajar akhir pada kelompok eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis kedua menunjukkan bahwa to = -11,896 dan p = 0,000 (p<0,05) berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis ketiga terbukti kebenarannya hal ini menunjukkan motivasi awal to = -0,643 dan p = 0,523; motivasi akhir to = 3,255 dan p = 0,002 (p < 0,05) berarti hal ini menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran TGT dan metode ceramah terdapat perbedaan. Berdasarkan uji hipotesis keempat tidak terbukti kebenarannya hal ini menunjukkan pre-test to = 1,298 dan p = 0,201; post-test to = 2,991 dan p = 0,005 (p<0,05) berarti hal ini menunjukkan bahwa rata-rata post-test baik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat perbedaan. Kata Kunci: Teams Game Tournament (TGT), Motivasi Belajar, Prestasi Belajar %L UNY16996