@phdthesis{UNY16994, title = {ABSTRAK PENERAPAN METODE THE SIX THINKING HATS (ENAM TOPI BERPIKIR) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013}, year = {2013}, author = {Siti Hidayati Siti Nur}, school = {Fakultas Ekonomi}, url = {http://eprints.uny.ac.id/16994/}, abstract = {ABSTRAK PENERAPAN METODE THE SIX THINKING HATS (ENAM TOPI BERPIKIR) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI KELAS X PESERTA DIDIK SMA NEGERI 2 NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Siti Nur Hidayati NIM. 09404244018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Seberapa besar penerapan metode The Six Thinking Hats dapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 2 Ngaglik Kabupaten Sleman. (2) Seberapa besar penerapan metode The Six Thinking Hats dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 2 Ngaglik Kabupaten Sleman.(3) Apa saja hambatan dalam penerapan metode The Six Thinking Hats pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 2 Ngaglik Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X 5. Metode pengumpulan data berupa observasi, tes, angket, dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa aspek kreativitas dan prestasi belajar ekonomi mengalami peningkatan. Pada siklus I kreativitas peserta didik berdasar angket sebanyak 62,5\% sedangkan berdasar hasil pengamatan sebanyak 59,37\% peserta didik berada dalam kategori tinggi dan sangat tinggi. Pada siklus II kreativitas peserta didik berdasar angket sebanyak 87,5\% sedangkan berdasar hasil pengamatan sebanyak 84,38\% peserta didik berada dalam kategori tinggi dan sangat tinggi. Hasil pada siklus II ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75\% peserta didik berkategori tinggi dan sangat tinggi. Pada siklus I prestasi belajar peserta didik sebanyak 65,62\% peserta didik berada dalam kategori baik dan sangat baik, sedangkan pada siklus II sebanyak 93,75\% peserta didik berada dalam kategori baik dan sangat baik. Hasil pada siklus II ini sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75\% peserta didik berkategori baik dan sangat baik. Kata Kunci: kreativitas peserta didik, prestasi belajar} }