TY - THES A1 - Novitasari, Yulia PB - Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya korelasi antara persepsi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Tari KlanaAlusSumyar mahasiswa Pendidikan Seni Tari yang berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang mempelajari Tari klasik gaya Yogyakarta I yaitu Tari KlanaAlusSumyar pada kelas G, H, dan I yang berasal dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 26 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Non Probability Sampling yaitu sampel jenuh.Data diperoleh dari metode angket dan tes penampilan,yang kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan teknik korelasi Product Moment dari Pearson, yang dilanjutkan dengan menggunakan rumus korelasi ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ?ada korelasi yang positif dan signifikan antara persepsi dengan prestasi belajar Tari KlanaAlusSumyar?. Dibuktikan dengan hasil nilai r hitung? r tabel (0,526? 0,388)dan taraf signifikansi 0,006? 0,05. Bermakna bahwa, jika persepsi positif maka prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar juga mengarah pada hasil yang positif (baik);2) ?ada korelasi yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar?. Dibuktikan dengan nilai r hitung?r tabel (0,511?0,388) dan taraf signifikansi 0,008 ? 0,05. Bermakna bahwa, semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi pula prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar yang dicapai; 3) ?ada korelasi yang positif dan signifikan antara persepsi dan motivasi belajar secara bersama-samadengan prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar?. Dibuktikan dengannilai Rhitung? rtabel (0,689?0,388), nilai Fhitung?Ftabel (10,412?4,279) dan taraf signifikansi 0,001? 0,05. Bermakna bahwa, semakin positif persepsi dan semakin tinggi motivasi belajar maka semakin positif (baik) pula prestasi belajar Tari Klana Alus Sumyar yang dicapai. Y1 - 2014/07/16/ UR - http://eprints.uny.ac.id/16989/ ID - UNY16989 M1 - skripsi AV - public KW - persepsi KW - motivasi belajar KW - prestasi belajar KW - tari klana alus sumyar TI - KORELASI PERSEPSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR TARI KLANA ALUS SUMYAR MAHASISWA PENDIDIKAN SENI TARI YANG BERASAL DARI LUAR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ER -