eprintid: 16987 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1226 dir: disk0/00/01/69/87 datestamp: 2015-04-21 00:16:58 lastmod: 2019-01-29 21:21:33 status_changed: 2015-04-17 06:11:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arianita Keke, Keke corp_creators: Barkah Lestari, M.Pd. title: ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013 ispublished: pub subjects: eko_ekonomi divisions: fe_pend_ekonomi full_text_status: public abstract: ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013 oleh: Keke Arianita 09404244012 Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada perbedaan efektivitas model pembelajaran inkuiri dibanding pembelajaran konvensional yang digunakan pada mata pelajaran ekonomi ditinjau dari keaktifan belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasihan (2) apakah ada perbedaan efektivitas model pembelajaran inkuiri dibanding pembelajaran konvensional yang digunakan pada mata pelajaran ekonomi ditinjau dari prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasihan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain Control Group Pre-test-Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kasihan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan kelas XE sebagai kelompok eksperimen (KE) dan kelas XG sebagai kelompok kontrol (KK). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis untuk menguji hasil penelitian menggunakan uji independent sample t-test dan mann-whitney u-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan efektivitas model pembelajaran inkuiri dibanding pembelajaran konvensional yang digunakan pada pelajaran ekonomi ditinjau dari keaktifan belajar, dibuktikan pada pertemuan kedua z hitung -4,489 dengan signifikansi 0,000; pertemuan ketiga t hitung -6,217 dengan signifikansi 0,000; pertemuan keempat t hitung -8,256 dengan signifikansi 0,000 (2) ada perbedaan efektivitas model pembelajaran inkuiri dibanding pembelajaran konvensional yang digunakan pada pelajaran ekonomi ditinjau dari prestasi belajar, dibuktikan t hitung -6,732 dengan signifikansi 0,000 dan rata-rata prestasi belajar akhir (post-test) pada kelompok eksperimen sebesar 77,500 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 59,843. Gain kelompok eksperimen yaitu = 0,6247 dan gain kelompok kontrol sebesar = 0,2803. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Keaktifan Belajar, Prestasi Belajar. date: 2013 date_type: published institution: Fakultas Ekonomi department: Pendidikan Ekonomi thesis_type: skripsi citation: Arianita Keke, Keke (2013) ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 1 KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/16987/1/SKRIPSI%20FULL.pdf