@phdthesis{UNY16955, school = {Fakultas Ekonomi}, year = {2014}, title = {ETIKET BERTELEPON SEORANG SEKRETARIS DALAM ORGANISASI}, author = {Indri Lestari Indri}, abstract = {Penulisan Tugas Akhir ini dibuat dengan tujuan untuk membahas (1)ruang lingkup tugas sekretaris pada tugas rutin, tugas instruksi, tugas kreatif untuk membantu pimpinan dalam menyelesaikan pekerjaan; (2) etiket bertelepon seorang sekretaris.Pembahasan dalam penulisan tugas akhir ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deduktif. Pendekatan kualitatif yaitu pendekatan berdasarkan uraian yang tidak berwujud angka. Sedangkan metode deduktif adalah mengkaji topik- topik secara umum terkait dengan pembahsan yang diambil dari bahan- bahan pustaka kemudian diambil secara khusus menjadi suatu kesimpulan.Hasil pembahasan dan penulisan ini adalah menjelaskan bahwa (1) ruang lingkup tugas sekretaris meliputi tugas rutin, tugas instruksi, tugas kreatif yang dilakukan untuk membantu pimpinan dalam organisasi; (2) etiket bertelepon seorang sekretaris merupakan cara- cara yang sopan dan pantas yang dilakukan oleh seorang sekretaris dalam bertelepon. Etiket bertelepon terdapat dua bagian yaitu etiket menerima telepon dan menelepon. Etiket menerima telepon ialah caracara yang sopan dan pantas seorang sekretaris dalam menerima telepon. Etiket menelepon, tata cara yang sopan dan pantas seorang sekretaris dalam menelepon; (3) etiket bertelepon seorang sekretaris meliputi: a)segera mengangkat gagang telepon ketika berdering; b) memulai pembicaraan dengan salam kemudian menyebutkan nama perusahaan. c) menyapa penelepon dengan sebutan Bapak atau Ibu diikuti nama penelepon; d) menggunakan bahasa baku, kalimat yang sistematis, kata- kata dan lafal yang jelas serta tidak menyinggung perasaan; e) berbicara dengan gaya bicara yang wajar dan dengan tempo yang sedang; f) tidak sambil makan, mengunyah permen karet, menggigit- gigit bolpoin, merokok dan berbicara dengan orang ketiga; g) mendengarkan dan menanggapi pembicaraan dengan penuh perhatian; h) mencatat pesan dan mencatat nomor telepon apabila penelepon meninggalkan pesan; i) menyampaikan pesan atau menyambungkan telepon kepada orang yang tepat; j) meminta maaf jika melakukan kesalahan; k) mengakhiri pembicaraan dengan mengucapkan terima kasih dan mengucapkan salam; l) meletakkan gagang telepon dengan pelan pelan; m) apabila melakukan panggilan telepon sebaiknya siap menyebutkan nama dan jabatan orang yang dituju; n) ketika menelepon perlu menanyakan waktu yang tepat untuk berbicara dengan orang yang dituju; o) sebaiknya tidak menggunakan telepon untuk kepentingan pribadi.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/16955/} }