%0 Thesis %9 S1 %A Shofi. M Maslachatus, Shofi %A Djihad Hisyam, M.Pd., %B Pendidikan Administrasi Perkantoran %D 2013 %F UNY:16906 %I Fakultas Ekonomi %T PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BOPKRI 1 YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/16906/ %X Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang kualitas pelayanan perpustakaan di SMK BOPKRI 1 Yogyakarta, sehingga akhirnya dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan di SMK BOPKRI 1 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif karena bertitik tolak pada anggapan bahwa semua gejala dapat diukur dan diubah dalam bentuk angka sehingga memungkinkan untuk digunakan teknik-teknik analisis statistika deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas X, XI dan XII berjumlah 100 siswa. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian imi adalah validitas konstruk dengan menggunakan Expert Judgement. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perpustakaan di SMK BOPKRI 1 Yogyakarta secara keseluruhan masuk dalam kategori cukup baik dengan skor sebesar 40%.Kualitas pelayanan perpustakaan dalam setiap indikator adalah sebagai berikut: 1) kualitas prosedur pelayanan perpustakaan masuk dalam kategori sangat baik dengan skor sebesar 44%, 2) kualitas waktu penyelesaian pelayanan perpustakaan masuk dalam kategori baik dengan skor sebesar 57%, 3) kualitas produk layanan perpustakaan masuk dalam kategori cukup baik dengan skor sebesar 39%, 4) kualitas sarana dan prasarana perpustakaan masuk dalam kategori kurang baik dengan skor sebesar 40%, dan 5) kualitas kompetensi petugas perpustakaan masuk dalam kategori cukup baik dengan skor sebesar 44%. Kata kunci: Kualitas, Pelayanan, Perpustakaan