%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar kimia dan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan media pembelajaran scramble dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia tidak menggunakan media pembelajaran scramble sebagai latihan soal, jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X SMA Shalom Bengkayang yang berjumlah 137 peserta didik, dibagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian sebanyak 66 peserta didik, dibagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara purposive cluster sampling. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia, data prestasi belajar kimia dan motivasi belajar kimia peserta didik. Data dianalisis dengan uji-t dan analisis kovarian (anakova). Hasil penelitian in menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan media pembelajaran scramble dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia tidak menggunakan media pembelajaran scramble, 2) ada perbedaan motivasi belajar kimia yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan media pembelajaran scramble dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran scramble sebagai latihan soal, jika pengetahuan awal kimia dikendalikan secara statistik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan media pembelajaran scramble dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Shalom Bengkayang tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: efektivitas, media pembelajaran scramble, prestasi dan motivasi. %A - Nurhayani %L UNY16850 %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK SMA SHALOM BENGKAYANG %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %D 2013