TY  - THES
N2  - Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menguji keefektifan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis eksposisi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis eksposisi dengan strategi pemebelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah. 
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 dan SMAN 2 Grabag Magelang yang secara keseluruhan berjumlah 586 dengan jumlah siswa pada SMAN 1 Grabag Magelang yaitu 288 siswa dan 298 siswa pada SMAN 2 Grabag Magelang. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik random sampling. Hasilnya yaitu kelas X MIA 2 SMAN 2 Grabag Magelang sebagi kelas kontrol dan kelas X BHS SMAN 1 Grabag Magelang sebagai kelas eksperimen. Dari hasil uji normalitas sebaran data diperoleh nilai p lebih besar dibandingkan dengan tingkat signifikansi yaitu 0,05. Nilai p pada pretest kelompok kontrol yaitu 0,824, pretest kelompok eksperimen yaitu 0, 509, posttest kelompok kontrol yaitu 0,209 dan posttest kelompok eksperimen yaitu 0,692. Hasil tersebut menunjukan bahwa semua data penelitian berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh nilai p pada pretest yaitu 0,219 dan pada posttest 0,459. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai p lebih besar dari tingkat signifikansi 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa varian data dalam penelitian ini homogeny. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji t. 
Hasil perhitungan uji t data pretest kemampuan menulis eksposisi kelompok kontrol dan eksperimen yang dilakukan diperoleh hasil p atau sig (2-tailed) sebesar 0, 186, nilai p tersebut lebih besar dibandingkan dengan tingkat signifikansi 0,05 maka tidak signifikan dan hasil perhitungan uji t data posttest kemampuan menulis eksposisi kelompok kontrol dan eksperimen yang dilakukan diperoleh hasil p atau sig (2-tailed) sebesar 0,001, nilai p tersebut lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 maka signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan keterampilan menulis eksposisi yang signifikan antara kelompok yang diajar menggunakan strategi pemebelajaran berbasis masalah dengan kemampuan keterampilan menulis eksposisi siswa yang diajar tanpa mengunakan strategi berbasis masalah dan (2) Strategi pembelajaran berbasis masalah efektif digunakan dalam pembelajaran menulis eksposisi siswa kelas X SMAN 1 Grabag Magelang.
ID  - UNY16832
TI  - KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMP NEGERI GRABAG MAGELANG
PB  - Universitas Negeri Yogyakarta
Y1  - 2015/01/14/
UR  - http://eprints.uny.ac.id/16832/
KW  - Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
KW  -  Menulis Eksposisi
A1  - Widyaningrum, Fitriana
M1  - skripsi
AV  - public
ER  -