TY - THES Y1 - 2013/// UR - http://eprints.uny.ac.id/16780/ AV - public M1 - skripsi TI - IDENTIFIKASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter, cara guru, dan kesulitan guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Yogyakarta tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru kimia SMA Negeri 2 Yogyakarta dengan pengambilan sampel menggunakan teknik population sampling, semua populasi, yaitu 3 guru kimia menjadi sampel penelitian. Subyek penelitian ini adalah guru kimia SMA N 2 Yogyakarta dengan obyek penelitian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran kimia. Penelitian dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan mengamati pembelajaran kimia sebanyak tiga pertemuan di kelas dan satu pertemuan praktikum di laboratorium kimia. Wawancara dilakukan dengan narasumber tiga guru kimia yang masing-masing mengampu kelas X, XI, dan XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang sudah ditanamkan oleh guru adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/ komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. Cara guru menanamkan nilai karakter di dalam pembelajaran kimia adalah dengan memberi, menyisipkan nilai karakter dalam materi pembelajaran, menyesuaikan dengan metode pembelajaran, dan menghubungkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Kesulitan yang dialami guru secara umum hampir sama, yaitu dalam mengaitkan nilai karakter dengan materi pembelajaran. Selain itu, heterogenitas peserta didik menyebabkan penanaman nilai karakter dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 2 Yogyakarta menjadi kurang optimal. Kata kunci: nilai karakter, pembelajaran kimia, SMA ID - UNY16780 A1 - Rudilah, Putri Umang PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ER -