%I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam %L UNY16778 %A Lida Vita Siska %D 2013 %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan lembar kerja peserta didik mata pelajaran kimia berdasarkan standar isi untuk SMA/MA kelas X semester gasal dan menentukan kualitas lembar kerja peserta didik kimia kelas X semester gasal hasil pengembangan, berdasarkan penilaian guru kimia SMA ditinjau dari kriteria yang telah ditentukan. LKPD disusun berdasarkan Standar Isi 2006 dan berbasis kontekstual. LKPD kimia kelas X semester gasal yang dikembangkan berisi tiga materi pokok, yaitu: Struktur Atom, Tabel Periodik Unsur, dan Ikatan Kimia. Prosedur pengembangan terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian. Masing-masing tahap terdiri dari beberapa langkah penelitian. LKPD kimia kelas X semester gasal diberi masukkan oleh satu orang dosen pembimbing, tiga orang teman sejawat (peer reviewer), satu orang ahli materi dan ahli media. LKPD dinilai kualitasnya oleh lima orang guru kimia (reviewer) SMA yang ada di wilayah Yogyakarta. Penilaian LKPD berdasarkan 9 aspek penilaian, yaitu: aspek pendekatan pembelajaran, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, kegiatan peserta didik, kebahasaan, penampilan fisik, penilaian dan keterlaksanaan. Data nilai kualitas yang diperoleh merupakan data kuantitatif berbentuk skor, kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas LKPD kimia kelas X semester gasal. Lembar Kerja Peserta Didik mata pelajaran kimia berdasarkan Standar Isi untuk SMA/MA kelas X semester gasal yang memenuhi kriteria kualitas telah berhasil disusun. Kualitas Lembar Kerja Peserta Didik kimia kelas X semester gasal hasil pengembangan adalah baik (B) dengan pencapaian skor rata-rata sebesar 85,6. Kata kunci : LKPD, Kurikulum Standar Isi, kontekstual %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATA PELAJARAN KIMIA BERDASARKAN STANDAR ISI UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER GASAL