eprintid: 16695 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 1226 dir: disk0/00/01/66/95 datestamp: 2015-04-17 00:33:59 lastmod: 2019-01-29 21:10:26 status_changed: 2015-04-16 02:00:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Widyajati Awan, Widya corp_creators: Ali Muhson, M.pd title: PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY ispublished: pub subjects: eko_ekonomi divisions: fe_pend_ekonomi full_text_status: public abstract: ABSTRAK PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY Oleh: Awan Widyajati 08404241013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap motivasi dan prestasi belajar dan (2) pengaruh gaya belajar terhadap motivasi dan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2008-2011, yaitu 368 mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah 154 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling . Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Sebelum data dianalisis, dilakukan pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, uji homogenitas varians dan uji homogenitas matrik varian/kovarian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis multivariat atau MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap motivasi dan prestasi belajar yang ditunjukkan dari hasil perhitungan Multivariate Tests pada uji statistika Wilk’s Lambda dengan nilai F 3,535 dan nilai signifikansi 0,032 dan (2) tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap motivasi dan prestasi belajar yang ditunjukkan dari hasil perhitungan Multivariate Tests pada uji statistika Wilk’s Lambda dengan nilai F 2,103 dan nilai signifikansi 0,081. Kata Kunci : Keaktifan berorganisasi, gaya belajar, motivasi, prestasi belajar. date: 2013 date_type: published institution: Fakultas Ekonomi department: Pendidikan Ekonomi thesis_type: skripsi citation: Widyajati Awan, Widya (2013) PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FE UNY. S1 thesis, Fakultas Ekonomi. document_url: http://eprints.uny.ac.id/16695/1/1.%20COVER.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/16695/2/2.%20PREFACE.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/16695/3/3.%20BAB%201.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/16695/4/4.%20BAB%20II.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/16695/5/5.%20BAB%20III.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/16695/6/6.%20BAB%20IV.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/16695/7/7.%20BAB%20V.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/16695/8/9.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/16695/9/8.%20LAMPIRAN.pdf