%I Fakultas Ilmu Sosial %D 2011 %T HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %L UNY16683 %A . Mugiyono %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FISE UNY. Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai ex post facto, dan korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi yang masih aktif mengikuti proses perkuliahan yaitu tahun angkatan 2004, 2005, 2006, 2007, 2008, 2009 dan 2010 sejumlah 534 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Geografi Program Reguler dan Nonreguler tahun angkatan 2010 sejumlah 100 mahasiswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan angket. Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisa data adalah menggunakan teknikKorelasi Product Moment Pearson pada taraf 5% dengan bantuan program SPSS 13 Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel motivasi belajar dengan variabel kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FISE UNY. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r_hitung sebesar 0,864, sehingga semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi pula kemandirian belajar begitu juga sebaliknya semakin rendah motivasi belajar semakin rendah pula kemandirian belajar. Selain itu nilai r_hitung sebesar 0,864 pada tingkat signifikansi 0,00, sehingga dapat dituliskan bahwa hubungan kedua variabel sangat signifikan. Kata kunci : motivasi belajar dan kemandirian belajar.