TY - THES Y1 - 2013/// N2 - STUDI EKSPLORASI TENTANG KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA Oleh: Ariani Fera Tantini NIM. 08404241020 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kemampuan guru IPS dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di SMP Negeri se-Kecamatan Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan didukung pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru IPS sebanyak 8 guru dan 4 kepala sekolah SMP Negeri di Kecamatan Kalasan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengumpulan data dengan observasi peneliti menggunakan instrumen berupa APKG I (Alat Penilaian Kemampuan Guru I) dan APKG II. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Analisis kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran IPS dengan indikator penilaian dalam APKG I adalah cukup baik, dengan persentase sebesar 75%, (2) kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS dengan indikator penilaian dalam APKG II adalah baik, dengan persentase sebesar 62,5%, (3) kemampuan guru dalam evaluasi pembelajaran IPS dengan indikator penilaian dalam APKG II adalah sangat baik, dengan persentase sebesar 75%. Kata Kunci: kemampuan guru, pembelajaran IPS. A1 - Tantini Ariani Fera, Fera PB - Fakultas Ekonomi M1 - skripsi ID - UNY16680 AV - public TI - STUDI EKSPLORASI TENTANG KEMAMPUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA UR - http://eprints.uny.ac.id/16680/ ER -