%T PENGEMBANGAN PERMAINAN “CHEMIST ACADEMY” BERBASIS MOBILE GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN METODE EKSPERIMEN MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA 
KELAS XI SEMESTER 2 POKOK BAHASAN 
LARUTAN ASAM DAN BASA
%X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam bidang pendidikan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan permainan “Chemist Academy” berbasis mobile game, mengetahui kualitas permainan “Chemist Academy” berbasis mobile game, dan mengetahui ketertarikan peserta didik terhadap permainan “Chemist Academy” berbasis mobile game.
Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi model ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Akan tetapi penelitian ini dibatasi sampai tahap implementasi. Subjek penelitian ini adalah permainan “Chemist Academy” berbasis mobile game. Objek penelitian ini adalah kualitas permainan “Chemist Academy” berbasis mobile game. Penilaian kualitas produk dilakukan oleh 5 reviewer dan ditinjau dari aspek materi dan soal, kebahasaan, keterlaksanaan, tampilan audio dan visual, dan rekayasa perangkat lunak. Penilaian dilakukan pula terhadap 25 peserta didik SMA Kelas XI IPA mengenai ketertarikan terhadap permainan “Chemist Academy” berbasis mobile game.
Hasil penelitian ini adalah permainan “Chemist Academy” berbasis mobile game. Berdasarkan penilaian reviewer, skor rata-rata permainan “Chemist Academy” berbasis mobile game adalah 105,8 (105 < (X ) ̅) sehingga kualitasnya dapat dikategorikan Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan produk 84,64%. Sebanyak 92% peserta didik menganggap permainan “Chemist Academy” berbasis mobile game dapat membuat mereka tertarik untuk belajar kimia secara menyenangkan.

Kata kunci:	media pembelajaran, eksperimen, asam-basa, mobile game, Chemist Academy
%A Lagaida Amangga Ratri
%D 2013
%I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
%L UNY16659