%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penerimaan peserta didik kelas khusus olahraga tingkat SMA di Kabupaten Kulon Progo, (2) Pembinaan peserta didik kelas khusus olahraga tingkat SMA di Kabupaten Kulon Progo, (3) Evaluasi penerimaan dan pembinaan peserta didik kelas khusus olahraga tingkat SMA di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah koordinator kelas olahraga, kepala sekolah, dan wali kelas olahraga. Lokasi penelitian di SMA se-Kabupaten Kulon Progo. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan trianggulasi dan member check. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Penerimaan peserta didik baru kelas olahraga dilaksanakan sebelum kelas reguler dengan tahapan sosialisasi, pengumuman pendaftaran, dan seleksi. Seleksi meliputi nilai ujian nasional, sertifikat keolahragaan, kemampuan fisik olahraga, dan wawancara. (2) Pembinaan peserta didik kelas olahraga terdiri dari pembinaan akademik dan pembinaan bakat kecabangan olahraga. Pembinaan akademik diberlakukan sama dengan kelas reguler berupa remidial pembelajaran. Pembinaan bakat kecabangan olahraga meliputi latihan rutin, pembinaan mental dan pemberian tambahan nutrisi. Pemantauan pembinaan ditunjuk guru pendamping pada setiap cabang olahraga. (3) evaluasi proses penerimaan dan pembinaan peserta didik kelas olahraga dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan. Evaluasi penerimaan peserta didik baru kelas olahraga dilaksanakan selama proses berlangsung dan evaluasi pembinaan peserta didik dilaksanakan setiap tiga bulan. Evaluasi pembinaan meliputi perkembangan peserta didik dalam ujian tengah semester dan akhir semester, serta perkembangan pembinaan kecabangan olahraga. Kata kunci: peserta didik, kelas olahraga, manajemen peserta didik %A Syahroni Mashud %L UNY16645 %T MANAJEMEN PESERTA DIDIK PROGRAM KELAS KHUSUS OLAHRAGA PADA SMA SE-KABUPATEN KULON PROGO %D 2015 %I Universitas Negeri Yogyakarta