%0 Thesis %9 S1 %A Dient, Nisa Liya %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:16562 %I PGSD %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA SISWA KELAS I SD NEGERI KAPUKANDA TEMPEL SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015 %U http://eprints.uny.ac.id/16562/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan melalui metode global dan untuk meningkatkan hasil keterampilan membaca permulaan siswa melalui metode global. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif. Model dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri Kapukanda Kecamatan Tempel Kabupaten Sleman berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data adalah tes keterampilan membaca permulaan dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Proses pembelajaran siklus I guru menerapkan metode global dan menggunakan media buku belajar membaca permulaan. Siklus II guru menerapkan metode global, menggunakan media buku belajar membaca permulaan dan tugas kelompok. pada siklus III guru menerapkan metode global, menggunakan media buku belajar membaca permulaan, tugas kelompok dan permainan. Hasil siklus I keterampilan membaca permulaan siswa mengalami peningkatan dari hasil pra tindakan nilai rata-rata 66 meningkat menjadi 70,3 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 46,7%. Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76,3 dan siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 73,3%. Siklus III nilai rata-rata meningkat menjadi 82 dengan nilai ketuntasan siswa mencapai 86,7%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode global dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, metode global