%0 Thesis %9 S1 %A ANDRIATI RHIKE LESTARI, Rhike %A Isroah M,Si., %B Akuntansi %D 2013 %F UNY:16552 %I Fakultas Ekonomi %T PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN, MEDIA PEMBELAJARAN, MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 %U http://eprints.uny.ac.id/16552/ %X PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN, MEDIA PEMBELAJARAN, MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA NEGERI 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Rhike Lestari Andriati 10403245003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh Persepsi Siswa tentang Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi; 2) pengaruh Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi; 3) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dan 4) pengaruh Persepsi Siswa tentang Peran Guru dalam Proses Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 2 Sleman tahun ajaran 2012/2013 berjumlah 51 siswa. Data dikumpulkan dengan teknik angket dan dokumentasi. Teknik angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel bebas yaitu Persepsi Siswa tentang Peran Guru dalam Proses Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar. Teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data Prestasi Belajar Akuntansi. Pengujian instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu diadakan uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang digunakan untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga sedangkan analisis regresi ganda digunakan untuk menguji hipotesis keempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, ditunjukkan dengan rx1y = 0,673, p-value sebesar 0,000, r2x1y = 0,453 dan thitung = 6,366 lebih besar dari ttabel = 2,021; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, ditunjukkan dengan rx2y = 0,526, p-value sebesar 0,000, r2x2y = 0,277 dan thitung = 4,330 lebih besar dari ttabel = 2,021; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, ditunjukkan dengan rx3y = 0,692, p-value sebesar 0,000, r2x3y = 0,478 dan thitung = 6,705 lebih besar dari ttabel = 2,021; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Peran Guru dalam Proses Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2012/2013, ditunjukkan dengan Ry(1,2,3) = 0,794, p-value sebesar 0,000, R2y(1,2,3) = 0,630 dan Fhitung = 26,706 lebih besar dari Ftabel = 2,79. Kata Kunci: Pengaruh, Persepsi Siswa tentang Peran Guru dalam Pembelajaran, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi.