%0 Thesis %9 S1 %A Lestari, Sri %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:16550 %I PGSD %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KONSEP BANGUN RUANG SISWAKELAS VA SD 1 SUMBERAGUNG JETIS BANTUL MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA %U http://eprints.uny.ac.id/16550/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar konsep bangun ruang siswa kelas VA SD 1 Sumberagung melalui penggunaan alat peraga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD 1 Sumberagung yang berjumlah 17 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi.Instrumen penelitian berupa soal tes dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menghitung: (1) rata-rata nilai tes siswa setiap pertemuan, (2) rata-rata nilai tes siswa setiap siklus, (3) persentase ketuntasan belajar siswa setiap pertemuan, (4) persentase rata-rata ketuntasan belajar siswa setiap siklus, (5) persentase aktivitas guru dan siswa setiap pertemuan, dan (6) persentase rata-rata aktivitas guru dan siswa setiap siklus. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: (1) Terjadi peningkatanprestasi belajar konsep bangun ruang siswa kelas VA SD 1 Sumberagung melalui penggunaan alat peraga. Nilai rata-rata tes siklus I yaitu 60,59 dengan persentase rata-rata ketuntasan belajar siswa sebanyak 37,25%. Nilai rata-rata tes siklus II yaitu 84,12 dengan persentase rata-rata ketuntasan belajar siswa sebanyak 88,24%. (2) Aktivitas guru dan siswa kelas VA SD 1 Sumberagung dalam pembelajaran konsep bangun ruang melalui penggunaan alat peraga mengalami peningkatan. Persentase rata-rata aktivitas guru siklus I sebanyak 75,31% diikuti dengan persentase rata-rata aktivitas siswa sebanyak 65,47%. Persentase rata-rata aktivitas guru siklus II sebanyak 93,52% diikuti dengan persentase rata-rata aktivitas siswa sebanyak 85,59%. Kata Kunci: prestasi belajar, konsepbangun ruang, siswa SD, alat peraga.