TY - THES AV - public A1 - Muhajir, Ahmad Alfin PB - Universitas Negeri Yogyakarta TI - KARTUN DALAM ETIKA BUDAYA JAWA SEBAGAI IDE PERANCANGAN MEDIA PROMOSI BAKPIA TUTUT KULON PROGO YOGYAKARTA ID - UNY16544 KW - etika budaya Jawa KW - perancangan KW - bakpia Tutut Y1 - 2014/12/15/ UR - http://eprints.uny.ac.id/16544/ N2 - Media promosi Bakpia Tutut dengan ide kartun dalam etika budaya Jawa bertujuan mempromosikan bakpia. Bakpia Tutut berlokasi di kecamatan Galur, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Bakpia Tutut sampai saat ini masih belum dikenal masyarakat, promosi ini diharapkan dapat menyebarluaskan kepada masyarakat Proses perancangan melalui tahap pengumpulan data, baik data verbal maupun visual dengan teknik observasi, wawancara, dan dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, and Treats). Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi selanjutnya diolah menjadi konsep perancangan media promosi sehingga membentuk kesatuan dalam desain dan kesimpulan dalam proses pembuatan media promosi. Tahap penciptaan media promosi dengan proses membuat layout kasar, layout lengkap dan final desain melalui konsultasi kepada pembimbing dan pemilik Bakpia Tutut. Perancangan ini dengan menggunakan data yang ada dan sket kasar di visualisasikan dengan program Adobe Photoshop Cs 6, Corel X4, Manga Studio 5.0, dan Adobe Illustrator Cs 5. Hasil visualisasi tersebut berupa Upline (media utama) yang digunakan yaitu baliho sebanyak dua buah, dan bellowline (media pendukung), antara lain papan Character Banner, merchandise (mug, kalender, kaos, jam), iklan media cetak, poster, leaflet, packaging, kartu nama, sign system, sticker, gerobak jualan, branding car. Konsep perancangan media promosi Bakpia Tutut menampilkan desain kartun dengan penambahan sedikit hasil budaya didalamnya. Baik berupa ilustrasi maupun foto. Target audience perancangan media promosi ini adalah masyarakat umum. M1 - skripsi ER -