TY - THES M1 - skripsi ID - UNY16540 AV - public TI - MEDIA PROMOSI BELIYA BOUTIQUE YOGYAKARTA KW - media KW - promosi KW - Beliya Boutique UR - http://eprints.uny.ac.id/16540/ N2 - Media promosi Beliya Boutique yang bertempat di Jalan Veteran 99A Yogyakarta ini dirancang dengan tujuan untuk memperkenalkan Beliya Boutique yang selama ini belum memiliki media promosi yang efektif kepada masyarakat luas, sehingga nantinya media promosi yang dirancang mampu menarik minat konsumen yang mayoritas konsumennya adalah wanita khususnya mahasiswi untuk berbelanja di Beliya Boutique. Perancangan media promosi meliputi berupa iklan display dan media pendukung berupa brosur, papan nama, neon box, katalog, kartu nama, poster, x-banner, nota, label harga, seragam, shoping bag, sign system, pin, jam dinding, kalender dinding, kalender duduk, sticker dan mug. Proses perancangan melalui tahapan pengumpulan data, baik data verbal maupun visual dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, and Threats) yang selanjutnya data diolah menjadi konsep perancangan media promosi sehingga membentuk kesatuan dalam desain dan kesimpulan dalam proses pembuatan media promosi. Tahapan penciptaan media promosi dengan proses membuat layout gagasan, layout kasar, layout lengkap, final desain. Instrumen yang digunakan dalam pembuatan karya diantaranya berupa perangkat manual misalnya pensil, sketch book, drawing pen, perangkat komputer, digital camera, dan scanner. Karya dalam pembuatan media promosi yang dihasilkan berupa penerapan dari ide dasar kartun yang diterapkan pada media utama (prime media) dan media penunjang (supporting media). Media utama (prime media) berupa iklan display, sedangkan media penunjang (supporting media), antara lain brosur, papan nama, neon box, katalog, kartu nama, poster, x-banner, nota, label harga, seragam, packaging, sign system, dan gift/ souvenir berupa pin, jam, kalender dinding, kalender duduk, sticker dan mug. Konsep perancangan media promosi Beliya Boutique yang digunakan ini berupa kartun yang diharapkan mampu mempengaruhi, membujuk, mengingatkan serta dapat meningkatkan penjualan. Y1 - 2015/01/28/ A1 - Aftani, Silvia Nurga PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -