%T PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA KELAS YANG DIAJAR DENGAN METODE THE LEARNING CELL DAN METODE DISKUSI DALAM PEMBELAJARAN PPKn KELAS VIII SMPN 4 YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015 %I Fakultas Ilmu Sosial %D 2015 %L UNY16495 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Yogyakarta antara kelas yang diajar dengan metode The Learning Cell dan yang menggunakan metode Diskusi dalam pembelajaran PPKn. Hasil belajar siswa dibatasi hanya pada pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan (ranah kognitif). Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain the randomized posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Yogyakarta yang terbagi menjadi 5 kelas, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan terdiri dari 34 siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang dilaksanakan di akhir proses pembelajaran (posttest) dengan 25 butir soal pilihan ganda. Uji validitas instrumen soal hasil belajar dilakukan dengan uji validitas isi dan validitas empirik. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test (uji-t). Hasil Penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Yogyakarta antara kelas yang diajar dengan metode the learning cell dan yang menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran PPKn. Hal ini ditunjukan dengan uji stastistik analisis data melalui uji-t posttest hasil belajar siswa diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu th: 3,582 > tt: 2,000 dengan df 65 pada taraf signifikansi 5% atau pada taraf 1% yaitu th: 3,582 > tt: 2,660, dan nilai signifikansi (p) = 0,001 %A Pupun Parhanatul Maryam